Sumsum Tulang Belakang

05.58.00

Sumsum tulang belakang (medula spinalis) adalah suatu silinder panjang langsing jaringan saraf yang memanjang dari batang otak (Sherwood, 2011: 185). Sumsum tulang belakang berada di dalam saluran tulang belakang (kanalis vertebralis). Sumsum tulang belakang ini dilindungi oleh tulang belakang dan juga selaput meninges.
Irisan Melintang dari Tulang Belakang
(Sumber :
Marieb & Hoehn, 2010: 469)

Potongan dari sumsum tulang belakang di atas menunjukan bagian dalam tersusun dari bahan abu-abu, disebut substansia kelabu (substansia grissea) dan bagian luar yang tersusun dari bahan putih, disebut substansia putih (substansia alba). 

Penampakan Anterior dari Sumsum Tulang Belakang
(Sumber:
Marieb & Hoehn, 2010: 469)
Substansia putih pada sumsum tulang belakang terdapat enam lekuk menurut panjangnya yang membagi substansia putih menjadi columna panjang. Lekuk paling dalam adalah fissura median anterior, bersama dengan sulkus mediana posterior yang agak lebih dangkal memisahkan sumsum tulang belakang menjadi dua bagian simetris. 

Sulkus anterolateral dan sulkus posterolateral memisahkan setiap bagian sumsum tulang belakang menjadi 3 kolumna atau funikuli, yaitu anterior (ventral), posterior (dorsal), dan lateral. Kolumna ini terdiri dari bundel-bundel besar serabut saraf yang disusun dalam berkas-berkas atau traktus.

Substansia kelabu pada sumsum tulang belakang berbentuk kasar seperti huruf “H” tiga dimensi. Di tengah-tengah substansia kelabu ini terdapat saluran sentral atau kanal sentral, yang berisi cairan serebrospinal. Lengan dari “H” substansia kelabu disebut cornu. Cornu pada substansia kelabu ini dibedakan atas :
  • Cornu posterior (belakang)
  • Cornu anterior (depan)
  • Cornu lateral.
Pada cornu belakang terdapat badan-badan sel saraf interneuron yang akan bersinapsis dengan saraf-saraf aferen. Pada cornu depan terdapat badan-badan sel saraf eferen (saraf motoris) yang aksonnya akan menuju ke otot-otot rangka. Badan-badan sel saraf otonom yang akan menginervasi otot-otot polos, otot jantung dan kelenjar-kelenjar eksokrin berada di dalam cornu lateral.
Saraf-saraf spinal melekat pada setiap sisi sumsum tulang belakang sebagai akar belakang (dorsal root) atau akar depan (ventral root). Serabut aferen masuk sumsum tulang belakang melalui akar belakang, sedangkan serabut eferen meninggalkan sumsum tulang belakang melalui akar depan. 

Badan-badan sel saraf aferen pada setiap tingkat berkelompok dalam ganglion akar belakang. Saraf spinal diberi nama menurut daerah tulang belakang dimana ia muncul, yaitu :
  • 8 pasang saraf servikalis
  • 12 pasang saraf torakalis
  • 5 pasang saraf lumbalis
  • 5 pasang saraf sakralis
  • 1 pasang saraf koksigeal
Susunan 31 Pasang Saraf Spinalis
(Sumber: Sherwood, 2011: 187)
Fungsi dari sumsum tulang belakang, yaitu :
  1. Jalur penjalaran impuls saraf dari dan ke otak.
  2. Jalur utama yang menghubungkan otak dan sistem saraf tepi.
  3. Pusat reflek utama.

0 komentar